Home / Fakta Unik / 5 Bahaya Penggunaan Bantal Pada Bayi Usia Dibawah 3 Tahun
bahaya bantal bagi bayi

5 Bahaya Penggunaan Bantal Pada Bayi Usia Dibawah 3 Tahun

Bahaya Bantal Bagi Bayi-Tidur menggunakan bantal pastinya sangat nyaman dan dapat membuat tidur kita nyenyak bukan?Namun bagi bayi yang baru lahir sampai umur dua tahun hal ini tidaklah bagusuntuk keehatan dan pertumbuhannya.

bantal bayiyang bagus

Alasan Bayi Tidak Boleh Tidur Menggunakan Bantal

Kenapa tidur pakai bantal bagi bayi tidak bagus? Bukannya kalau tidak pakai bantal akan sering gumoh? Nah ini yang harus diluruskan bagi para orang tua.Terutama bagi ibu yang baru melahirkan.

bantal bayi baru lahir

Bayi yang tidur dengan menggunakan bantal akan mengalami gangguan pernafasan.Meski ada beberapa ahli yang merekomendasikan tapi ada para ahli kesehatan anak yang melarang penggunaan bantal pada bayi usia di bawah 3 tahun,  karena sangat buruk bagi kesehatan  bayi.Dan lebih merokomendasikan untuk bayi usia 3 tahun tidur tanpa bantal.

Bahaya Penggunaan Bantal Pada Bayi Usia Dibawah 3 Tahun

Menurut para ahli spesialis anak adapun alas an mengapa bayi tidak boleh tidur menggunakan bantal simak seperti di bawah ini:

1.Dapat Mengakibatkan Leher bayi terkilir

bantal membuat leher bayi terkilir

Tidur menggunakan bantal bagi bayi dapat membuat lehernya terkilir.Hal ini karena bayi yang belum mengerti posisi yang nyaman pasti akan selalu bergerak dan membuat lehernya terilir jika bantal yang di gunakan terlalu tinggi.

2.Meningkatkan Sindrom mati mendadak (SIDS)

sindrom kematian mendadak pada bayi

Hal ini terjadi karena bantal yang halus dan lembut akan membuat kepala bayi tenggelam dalam bantal.Sehingga akan mengganggu pernafasan dari hidungnya.Dan hal inilah yang dapat meningkatkan sindrom kematian mendadadk pada bayi.

3.Menyebabkan kepanasan

bayi kepanasan saat memakai bantal

Bantal juga dapat mengakibatkan kepanasan pada kepala bayi.Apalagi jika bahan bantal yang di gunakan dari polister.Hal ini akan meningkatkan suhu di bawah kepala bayi saat tidur.

4.Sindrom kepala bayi datar

sindrom bayi kepala datar

Penggunaan bantal pada bayi usia di bawah 3 tahun akan meningkatkan resiko sindrom kepala datar bagi bayi.Bahkan hal ini juga dapat mengakibatkan cacat structural di kepala bayi.

5.Debu bantal yang sangat berbahaya bagi bayi

Debu-debu yang halus pada bantal sangat tidak bagus untuk bayi.Hal ini krena daya tahan tubuh bayi masih rendah dan rentan terserang penyakit sehingga lebih baik tidak menggunakan bantal.Jikalau menggunakan bantal kain pembungkusnya rutin di ganti setiap harinya.

Baca Juga: efek samping Imunisasi buat Anak

NAh itulah beberapa alasan bayi tidak Boleh menggunakan bantal saat tidur pada usia di bawah 3 tahun.Gimana moms?masih ingin menggunakan bantal buat bayi kita yang masih kecil atau tidak? Namun saat menyusui kita boleh menggunakan bantal menyusui.Hal ini agar cairan ASI (Susu forula) bisa segera turun ke lambung bayi.

Adapun beberapa jenis bantal menyusui yang bagus buat bayi seperti bantal bayi peyang dan bantal bayi newborn.Semoga bis menambah wawasan anda sekian dan terima kasih.

Check Also

rumah tradisional tahan gempa

5 Rumah Tradisional Indonesia yang Tahan Gempa

Rumah tradisional tahan gempa-Indonesia merupakan Negara yang rawan gempa, hal ini terjadi karena wilayah Indonesia …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!