Home / Kesehatan / Cara Mendeteksi Kanker Payudara Tanpa Harus Pergi Ke Dokter
cara mendeteksi kanker payudara

Cara Mendeteksi Kanker Payudara Tanpa Harus Pergi Ke Dokter

Cara Mendeteksi Kanker Payudara. Waktu yang sangat di anjurkan untuk Memeriksa SADARI  Pemeriksaan Payudara Sendiri ini adalah beberapa hari setelah menstruasi berakhir.

Cara Mendeteksi Kanker Payudara.Kanker payudara salah satu penyakit yang sangat di takuki oleh para wanita.Penyakit yang sangat berbahaya ini sebenarnya tidak hanya menyerang wanita saja namun juga pria.Namun lebih banyak menyerang wanita.Namun anda sebenarnya juga bisa mencegah kanker payudara ini sejak dini .

Dengan Semboyan SADARI yang sudaha terkenal itu yakni Periksa Payudara Sendiri sebelum terlambat.Anda bisa memeriksa payudara anda apakah ada tanda tanda kenker atau tumor payudara dengan seorang diri tanpa harus pergi ke dokter seperti dilansir dari alodokter.com(8/9/2017).

Pada dasarnya payudara akan berubah ketika masa menstruasi karena pada masa menstruasi, kadar hormon berfluktuasi sehingga menyebabkan perubahan pada tubuh, termasuk payudara yang mengencang.Serta ketika memasuki mas monopause maka payudara akan mulai kendur.

Namun anda juga harus tahu dan mengerti jika ada perubahan tertentu di payudara anda.Diluar masa menjelang mentruasi .Nah inilah tujuan dari SADARI pemeriksaan payudara sendiri dilakukan.Untuk mengetahui apakah ada yang ganjal dengan peyudara kita atau tidak.

Nah Cara untuk Mendeteksi Kanker Payudara Tanpa Harus Ke Dokter Sebagai berikut:

Perhatikan dengan betul payudara Anda.Pada Umumnya wanita tidak memiliki payudara yang ukurannya sama besar Biasanya payudara kanan lebih besar daripada bagian kiri.

Cara Mendeteksi Kanker  Payudara Dengan Berdiri Didepan Cermin

 

  1. Berdirilah dan letakan lengan di samping tubuh. Lalu perhatikan bentuk, ukuran.Dan pastikan apakah ada perubahan seperti permukaan dan warna kulit, juga bentuk puting payudara.
  2. Kemudian letakkan tangan pada pinggang dan tekan kuat-kuat untuk mengencangkan otot bagian dada. Lalu anda perhatikan payudara sambil berkaca dari sisi kiri ke kanan atau sebaliknya.
  3. Selanjutya membungkuklah di depan kaca sehingga payudara terjulur ke arah bawah bawah. Perhatikan dengan teliti dan raba untuk memeriksa apakah ada perubahan tertentu pada bagian payudara.
  4. Tautkan kedua tangan kiri dan kanan di belakang kepala dan tekan ke dalam. Perhatikan bentuk kedua payudara Anda, termasuk di bagian bawah payudara .
  5. Yang terkhir periksa apakah terdapat cairan yang keluar dari puting Anda. Caranya dengan menempatkan jempol dan jari telunjuk Anda di sekitar puting, kemudian tekan perlahan, dan perhatikan apakah ada cairan yang keluar lakukan pada payudara kiri dan kanan.

Cara Mendeteksi Kanker Payudara Pada Saat Mandi

Pada saat mandi adalah salah satu yang tepat Untuk melakukan pemeriksaan Payudara sendiri.Ketika badan berlumuran sabun maka kita bisa meraba beberapa benjolan yang ada di payudara kita.

  • Caranya adalah angkat satu tangan ke atas.Kemudian Satu tangan dilumuri sabun,kemudian raba payudara di sisi tangan yang terangkat. Lalu gunakan jari untuk menekan-nekan bagian demi bagian dengan lembut.

Cara Mendeteksi Kanker dengan Berbaring

Pemeriksan Payudara Untuk mengantisipasi kanker payudara juga bisa dilakukan dengan cara berbaring.Pilihlah tempat yang nyaman untuk berbaring di tempat tidur juga bisa.Pada saat kita berbaring maka payudara kita akan melebar sehingga kita mudah mengetahui keadaan payudara kita ada benjolan atau tidak.

  1. Sambil berbaring letakan tangan kanan di bawah kepala kemudian lumuri tangan kiri dengan losion dan gunakan jari untuk meraba payudara kanan.
  2. Gerakan tangan seperti perputaran jarum jam dengan melingkar.Setelah selesai satu putaran anda bisa mengganti bagian yang di putar, sampai seluruh bagian payudara tersentuh putaran itu.
  3. Lakukan bergantian pada payudara kiri dan kanan tidak usah terburu buru lakukan dengan santai.

Gejala Gejala Awal Kanker Payudara

  1. Perubahan bentuk payudara kanan atau kiri.
  2. Rasa nyeri pada bagian payudara kiri atau kanan yang tak kunjung sembuh lebih dari seminggu.
  3. Benjolan pada payudara di luar masa sebelum Menstruasi.
  4. Salah satu puting Bewarna Merah.
  5. Terjadi gatal gatal pada ruam di sekitar payudara.
  6. Terjadi pembengkakan pada aera payudara.

Nah cara mendeteksi kanker payudara ini bertujuan untuk melihat ada perubahan apa di payudara anda.Jika ada gejala gejala kanker payudara seperti benjolan atau perubahan yang ada di payudara anda, jangan panik dulu.Namun harus tetap waspada jika ada benjolan selain masa sebelum haid atau ada benjolan merah serta keluar cairan tanpa masa menyusui maka segera periksakan ke dokter agar bisa di tangani lebih lanjut.

Inilah tujuan utama dari pemeriksaan ini menolong lebih awal dari pada kita mengetahui saat stadium akhir yang malah membuat kita susah di sembuhkan.Dengan sejak dini tahu gejala awal kanker ini akan mudah di sembuhkan dengan alternatif pengobatan kanker.Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda.Sekian dan terima kasih.

Check Also

manfaat merokok bagi kesehatan

Manfaat Merokok Bagi Kesehatan yang Disembunyikan Dunia Medis

Manfaat Rokok Bagi Kesehatan-Merokok siapa yang tak tahu kebiasaan ini.Merokok adalah kegiatan menghisap tembakau yang …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!