Home / Fakta Unik / 5 Daftar Imunisasi yang Wajib Dilakukan Serta Efek Samping Setelah Imunisasi
demam setelah imunisasi

5 Daftar Imunisasi yang Wajib Dilakukan Serta Efek Samping Setelah Imunisasi

Efek samping Imunisasi-Memberi imunisasi bayi pada usia dini dan bertahap adalah suatu hal yang perlu dilakukan .Meski banyak anggapan imunisasi dari vaksin tertentu yang terbuat dari kandungan babi (rumornya).Namun jika anak anda tak imunisasi apakah anda siap menerima jika suatu hari terena hal hal yang tak di inginkan pada anak kita?

Dampak Setelah Imunisasi Pada Anak

Pastinya tak mau bukan, hanya karena rumor tertentu kita korbankan anak kitaterserang penyakt di kemudian hari.Nah selain dari vaksin biasanya para bunda dewasa ini tidak imunisasi bayinya karena setelah imunisasi bayi akan demam.Apakah itu benar?ya memang ada beberapa imunisasi yang mengakibatkan demam pada anak setelah di suntik vaksin.

Baca Juga : Cara Mengatasi Demam Setelah Imunisasi

Pentingkah Imunisasi Pada Bayi

mencegah demam setelah imunisasi

Sebenarnya bayi yang baru lahir hingga usia 3 bulan masih mempunyai imun untuk menahan serangan virus dan bebebrapa penyakit dalam tubuhnya yang bersumber dari sistim imun ibu.Namun setelah 3 bulan bayi harus memproduksi sistim imun sendiri maka tak heran untuk membantu sistim imun.Dilakukan imunisasi bertahab.

Efek Samping Imunisasi Berdasarkan Jenis Vaksin

Nah Apa saja efek samping setelah imunisasi? Yuk kita simak berikut efek setelah imunisasi dari berbagai jenis vaksin imunisasi  pada bayi:

1.Imunisasi hepatitis B

Vaksin hepatitis b ini biasanya akan membuat bayi kita terserang demam, setelah mendapatkan suntikan imunisasi.Ada juga yang mengalami gatal gatal seteleh melakukan vaksin hepattis b ini.

2.Imunisasi Polio

Vaksin polio ini biasanya tidaklah ada dampak buruknya pada buah hati setelah imunisasi.Biasanya hanya demam ringan dan tutunnya nafsu makan buah hati kita setelah vaksin polio ini di suntikan pada tubuh bayi.

3.Imunisai BCG

Vaksin BCG ini diberikan agar bayi kita kelak terhindar dari virus TBC (tuberculosis).Vaksin ini biasanya mengakibatkan tubuh bayi benjol( bengkak pada area suntikan) bahkan ada juga yang sampai bernanah pada kasus tertentu.

4.Imunisasi DPT

Vaksin DPT ini di lakukan untuk mencegah penyakit difteripada anak kita.Setelah melakukan imunisasi DPT ini bayi biasanya akan mengalami rasa nyeri, demam, dan mual,bahkan beberapa kasus anak kejang-kejang setelah mendapatkan vaksin ini.Namun masih dalam kategori aman.

5.Imunisasi campak

Vaksin campak ini berguna agar anak tidak terserang virus campak atau cacar yang menyerang kulit.Setelah melakukan imunisasi inipun sang bayi tidakalah merasa sakit.efek sampingnya hanya rasa nyeri pada lengan bekas suntikan , biasanya 1-2 hari sudah tak terasa.

Nah itulah dampak buruk imunisasi pada bayi.Sebenarnya semua itu tergantung pada daya tahan tubuh bayi kita.Jika daya tahan tubuhnya bagus bahkan efek samping itu tak terjadi pada bayi kita setelah imunisasi.Nah sekian semoga bias menambah wawasana anda moms.Silahkan di share jika bermanfaat.

Check Also

rumah tradisional tahan gempa

5 Rumah Tradisional Indonesia yang Tahan Gempa

Rumah tradisional tahan gempa-Indonesia merupakan Negara yang rawan gempa, hal ini terjadi karena wilayah Indonesia …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!