Home / Fakta Unik / 5 Rumah Tradisional Indonesia yang Tahan Gempa
rumah tradisional tahan gempa

5 Rumah Tradisional Indonesia yang Tahan Gempa

Rumah tradisional tahan gempa-Indonesia merupakan Negara yang rawan gempa, hal ini terjadi karena wilayah Indonesia menjadi tempat pertemuan lempeng lempeng benua yang tanpa di duga setiap saat terjadi gempa.Nah untuk mengantisipasi gempa ini sebenarnya nenek moyang kita dahulu sudah merancang hunian yang tahan gempa.

5 Rumah Tradisional Indonesia Tahan Gempa

Namun seiring perkembangan zaman rumah-rumah tradisional yang tahan gempa ini mulai ditinggalkan karena di anggap kuno dan tertinggal.Namun nyatanya saat terjadi gempa rumah-rumah tradisional ini sangat aman terhadap gempa.Inilah desain rumah tradisional yang tahan terhadap gempa meski berusia puluhan tahun.

1.Rumah Gadang

rumah gadang tahan gempa

Pada tahun 2009 pdang di guncang gempabesar, namun banyak rumah-rumah gadang yang masih kokoh berdiri.Meski desain tradisional namun rumah ini lebih tahan gempa daripada banguna-bangunan baru yang di desasin modern.

2.Rumah joglo

rumah joglo tahan gempa

Rumah joglo yang menjadi rumah tradisional suku jawa ini juga menjadi salah satu rumah yang tahan gempa.Meski puluhan tahun berdiri rumah joglo masih aman terhadap gempa.Ketika terjadi gempa jogja 2006 tak heran jika masih banyak rumah joglo yang masih berdiri.Struktur rumah joglo yang didominiasi kayu ini lebih fleksibel ketika mendapat guncangan sehingga aman dari gempa.

3.Omo Hada

rumah tradisional tahan gempa

Rumah khas nias ini sudah teruji ketika tahun 2010 terjadi gempa.Banyak rumah adat nias yang masih kokh berdiri.Bahkan rumah baru berdesain modern malah runtuh.

4.Rumah woloan

rumah adat anti gempa

Rumah tradisional kahs tomohon ini merupakan desain rumah anti gempa selanjutnya.Rumah ini bahkan banyak diminati penduduk mancanegara seperti argentina dan Venezuela untuk di impor di negaranya.Karena rumah ini sudah terkenal akan kekuatannya anti guncangan dan gempa.

5.Rumah bali

rumah adat bali tahan gempa

Rumah khas bali yang banyak ditemui di bali utara ini terkenal akan kekuatannya yang tahan gempa.Dengan konstruksi yang memanfaatkan saka atau tiang kayu dan lambang serta sineb sebagai balok.Hal ini bertujuan untuk melindungi penghuni jika sewaktu-waktu terjadi gempa.

Nah itulah deretan rumah tradisional Indonesia yang tahan terhadap guncangan.Sebenarnya nenek moyang kita dulu sudah tahu kenapa setiap daerah kita punya desain rumah yang berbeda-beda, salah satu alasannya ya untuk menanggulangi ketika terjadi gempa.Serta mereka bersahabat dengan alam karena mereka sadar alam adalah bagian dari kehidupan yang wajib dijaga.

Tapi karena kemajuan zaman membuat rumah tradisional ini sering di pinggirkan dalam pembuatan rumah padahal rumah ini desainnya sangat tahan gempa bahkan kuat puluhan hingga ratusan tahun.Gimana sobat pendapatmu?

Check Also

bahaya bantal bagi bayi

5 Bahaya Penggunaan Bantal Pada Bayi Usia Dibawah 3 Tahun

Bahaya Bantal Bagi Bayi-Tidur menggunakan bantal pastinya sangat nyaman dan dapat membuat tidur kita nyenyak …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!